Chassis dan Body kendaraan

                                                        chassis type Ladder Frame

Keberadaan sasis atau rangka pada mobil cukup penting peranannya buat menopang mesin, kopling, transmisi, sistem sistem rem, bodi dan komponen lainnya. Terkait dengan jenisnya, yang cukup familiar setidaknya ada dua, ladder frame (sasis tangga) dan monokok (monocoque). “Fungsi rangka seperti layaknya tulang menopang tubuh. Sasis sendiri terbuat dari besi, baja atau bahan lain seperti aluminum yang memiliki kekuatan untuk menopang kendaraan, 

Diberi nama ‘Ladder Frame’, karena bentuk dan susunannya menyerupai tangga. Jenis yang satu ini, bisa dibilang merupakan chassis yang tertua dan banyak digunakan, khususnya untuk kendaraan berbeban berat (heavy duty) contohnya Toyota Kijang, Fortuner, Pajero, Ranger, MUX selain itu juga untuk Pick up,Bus,truk dan kendaraan komersial lainnya. 

Plus
1. Kuat dan menyerap terhadap getaran yang ditimbulkan jalan.
2. Mudah didesain, dibangun, dan dimodifikasi.
3. Tak terlalu sulit untuk diperbaiki apabila terjadi tabrakan.
Minus
1. Bobotnya lebih berat dan rumit konstruksinya
2. Ruang kabin mobil biasanya lebih kecil.
ssdxzy0o8fa1hhcicoe1.jpg
download.jpgdownload%20%281%29.jpg